fbpx
SulselWajo
Trending

Tudang Sipulung Saudagar Bugis Wajo dalam Rangka Hari Jadi Wajo ke 620.

Pemerintah Kabupaten Wajo mengadakan acara Tudang Sipulung Saudagar Bugis Wajo dalam rangka HUT Kabupaten Wajo ke 620 bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Kamis 28 Maret 2019

Hadir dalam Tudang Sipulung ini Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan bersama rombongan, Anggota DPR RI Andi Yuliani Paris dan Andi Iwan Darmawan, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Bupati Wajo bersama Ibu Ketua Tim Penggerak PKK, Wakil Bupati Wajo Bersama Ibu Wakil Ketua Tim Penggerak PKK.

Ketua DPRD Kabupaten Wajo , Anggota DPRD Kabupaten Wajo, Narasumber Prof. Dr. Ir. Wahyuddin Latunreng, MM, Prof. Dr. Ir. Andi Hasanuddin, M.Sc, Prof.Dr. H.Abd. Rahman Rahim ,SE., MM, H. Jaenal Mappe, SE, Muhammad Yusri Lukman, ST., MT., Ph.D , Andi Yudha Yunus, Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo bersama Ibu Darmawanita Kabupaten Wajo, Pengusaha dari Provinsi dan luar Provinsi Sulawesi Selatan, Tamu dari Jerman, Pimpinan OPD dan jajarannya, Prof. Agus Dekan Fakultas UGM, Tokoh Agama, Tokoh Pendidik, Insan pers.

Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud S.Sos., M.Si dalam sambutannya menyampaikan merasa berbahagia dan penuh suka cita menyambut kehadiran saudara-saudara para saudagar dari negeri rantau pada malam ini, yang dapat meluangkan waktunya untuk dapat hadir bersama-sama dalam rangka perayaan Hari Jadi Wajo, tanah nenek moyang dan kelahiran kita semua.

Pada malam ini Bupati Wajo mengundang orang orang Wajo yang berada di luar Kabupaten Wajo dan berhasil di Kampung orang untuk turut hadir bersama-sama untuk memberikan motivasi, inspirasi dan berbagai pengalaman-pengalaman yang telah mereka lakukan dalam menuju sukses agar dapat berimplikasi terhadap Daerah Wajo kedepannya.

Bupati juga mengharapkan untuk dapat dibantu meningkatkan peluang investasi di Kabupaten Wajo yang nantinya akan menciptakan lapangan pekerjaan yang semakin luas di daerah Wajo, peluang investasi di Wajo bisa menciptakan lapangan pekerjaan di Wajo , membuka peluang selebar-lebarnya dan memberikan fasilitas terbaik untuk investor-investor yang nantinya masuk di Wajo.

“Jangan takut berinvestasi di Kabupaten Wajo, kami akan membuka ruang selebar-lebarnya di Tanah Wajo, Kami ingin silaturahim ke depan kita dapat saling membantu dan saling bersinergi dan kepada Bapak Gubernur dapat memberikan sumbangan pikiran sebagaimana memajukan Kabupaten Bantaeng.”

Dengan membentuk integrated farming system, tempat ini akan jadi tempat pembinaan bagi para petani dan peternak sehingga petani bangga menjadi petani, sehingga bisa menjadi lumbung pangan juga menjadi lumbung ternak. Dan ini bisa menjadikan solusi impor daging di Provinsi Sulawesi Selatan, kedepan akan di buat tol laut di Siwa. sehingga bisa mengirim ternak-ternak ke luar provinsi .

Dan mengharapkan meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat dari 37 juta perkapita pertahun menjadi 60 juta perkapita pertahun, sehingga masyarakat Wajo maju dan sejahtera.

Dalam Sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan sangat mengapresiasi Bupati dan Wakil Bupati Wajo dalam acara ini, dengan mengundang tokoh-tokoh Wajo dari Provinsi maupun di luar Provinsi ini merupakan langkah maju. Juga akan support 100% jika memang ini untuk kepentingan rakyat .

Danau Tempe pernah Jaya pernah jadi penghasil ikan terbesar di Indonesia, Gubernur berkeinginan agar Bupati mengembalikan kejayaan Danau Tempe di masa lalu, juga fokus perbaikan aliran sungai Walannae. Infrastruktur jalan juga yang menjadi tanggung jawab Provinsi akan di perbaiki dalam 2 atau 3 tahun ini.

Demikian juga Sutera Wajo dengan Lipa Sabbena to Sengkange ” Saya ingin Bupati Wajo juga mengembalikan kejayaan Sutra di Wajo, Pasar di Siwa diresign kembali , kita ingin juga menjadikan Wajo sebagai lumbung daging di Provinsi Sulawesi Selatan, cari teknologi yang bisa mengolah air danau Tempe menjadi air langsung minum.” dan ini sudah dikelola pemerintah Kabupaten Wajo dengan mendatangkan orang-orang dari Jerman.

Selanjutnya dari nara sumber masing masing menceritakan dan menarasikan bagaimana Wajo kedepan dan apa yang mesti dilakukan sehingga Wajo kedepannya lebih baik dan dari tim yang menampilkan Kabupaten Wajo dalam sentuhan seorang pemimpin baru yaitu Kepemimpinan Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si dan H. Amran , SE dalam bentuk 8 Master Plan Kabupaten Wajo dalam tampilan sketsa dan Video.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close