fbpx
Wajo

Selain PJU-TS , Kementerian ESDM juga Bangun 11 Sumur Bor Air Tanah di Wajo.

Penyerahan Sumur bor air bersih dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM ) dan Komisi VII DPR RI di Desa Wecudai Kecamatan Pammana bertempat di Dusun Pattiromusu belangsung Rabu 6 Maret 2019.

Peresmian ini menandakan bahwa sumur bor yang telah dibangun pada tahun 2018 dapat secara penuh digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pemerintahan pusat , dalam hal ini Kementerian ESDM bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan didukung oleh DPR RI ( Komisi VII ) telah memiliki program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berupa pengentasan daerah sulit air, melalui program pengeboran air tanah dalam.

Pada Tahun anggaran 2018, Kementerian ESDM telah membangun 506 unit sumur bor yang tersebar di seluruh Indonesia, diantaranya adalah 24 unit sumur bor , di Kabupaten Wajo 11 unit , Kabupaten Soppeng 11 unit dan Kabupaten Maros 2 unit yang akan diserahkan pada pagi ini.

Khusus di Wajo letaknya di Desa Wecudai, Desa Pallawarukka, Desa Tobatang , Desa Pinceng Pute, Desa Ujung Baru, Kelurahan Pattirosompe ada 2 unit, Desa Assorajange Sajoanging, Desa Belawa, Desa Arrajang dan Desa Tellu Limpoe Majauleng.

Sumur bor tersebut memiliki spesifikasi kedalaman sumur antara 58 – 127 Meter, debit air rata rata 1,8 liter/detik, dengan konstruksi pipa besi galvanis diameter 6 inci, pasokan listrik sumur bor berasal dari genset dengan kapasitas 10 kVA, menggunakan pompa selam 3 PK dan dilengkapi dengan rumah genset, rumah pompa dan bak penampungan air berkapasitas 5.000 liter. Setiap sumur bor mampu melayani kebutuhan air bersih sampai dengan 2.600 jiwa penduduk.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close