fbpx
PendidikanSulsel
Trending

Rumah Kebun Pendidikan Biologi UINAM Ditanami Berbagai Jenis Flora

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar membuka pelayanan edukasi bagi masyarakat dengan nama ‘Rumah Kebun’ yang berlokasi di kampus II, Samata, Gowa, Rabu (13/3/2019).

“Kerusakan lingkungan akibat minimnya kesadaran masyarakat dalam mengelola lingkungan kini masih terlihat di daerah kita, seperti membuang sampah sembarangan, pembabakan liar, dan kebakaran hutan,” papar pengurus Rumah Kebun Pendidikan Biologi, Resky Rahayu Ramadan.

Ia berpendapat, hal semacam itu terjadi karena minimnya penanaman rasa cinta terhadap lingkungan. Oleh karena itu menurutnya perlu dilakukan penyuluhan sejak  dini.

Didirikannya Rumah Kebun ditujukan  sebagai tempat edukasi dan pembelajaran mahasiswa untuk mengenal berbagai jenis flora serta bagaimana cara menjaga dan mengembangkan tanaman secara maksimal. “Berbagai flora kita kembangkan di rumah kebun ini mulai bunga, sampai sayur mayur. ini baik untuk anak SD atau umum agar menambah pengetahuan mengenai pengelolaan tanaman serta rasa cinta terhadap alam semesta,” imbuhnya.

Menurut Fauziah, kerugian yang diakibatkan dari kurangnya rasa cinta terhadap lingkungan tersebut juga bisa berdampak pula pada roda perekonomian masyarakat.

“Di rumah kebun ini masyarakat juga bisa belajar karakter. Karakter keberanian, juga karakter kebersamaan. Ini yang penting, alam menjadi tempat eksplorasi untuk belajar, sekaligus memaksimalkan produksi dan bisa menunjang perekonomian masyarakat,” katanya. (Nk)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close