fbpx
BeritaKesehatan

Pertama Kali di Luar Makassar, Kab. Wajo Jadi Tuan Rumah Rakorwil PDGI se-Sulselbar

Sabtu, 14 September 2019 Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Wilayah Sulselbar dan PDGI Cabang Wajo melaksanakan Rapat Koordinasi Wilayah. Seminar yang dirangkaikan dengan Bakti Sosial 2019 di Kabupaten Wajo dilaksanakan di Hotel Sermani dengan mengusung tema “Achieving Professional eksistency througt Advanced skill and Knowledge”.

Dalam sambutan ketua panitia pelaksana, drg. Muhammad Danial menyampaikan bahwa ada 2 program kerja yang akan dilaksanakan hari ini. Pertama, dari PDGI Sulselbar yang mengadakan Rapat Koordinasi Wilayah Sulselbar dimana PDGI Cabang Wajo yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan pada hari ini.

Yang kedua, kegiatan PDGI Cabang Wajo yaitu Seminar sehari dan dilanjutkan dengan Bakti sosial pada keesokan harinya. Dari 25 delegasi yang diundang di wilayah Sulawesi Selatan dan Barat hari ini hanya ada Kabupaten Maros yang tidak hadir. Tercatat jumlah peserta seminar sebanyak 163 orang.

“Kegiatan seperti ini kenapa tetap perlu dilaksanakan, karna masalah kesehatan gigi dan mulut adalah masalah yang sampai sekarang adalah masalah dunia dan masalah nasional kita bersama,” ungkap Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia Sulawesi Selatan Barat, Dr. drg. Asdar Gani, M.Kes. dalam sambutannya. Ia juga menyampaikan bahwa ketika pertama kali digagas diadakan pertemuan di luar Makassar, maka yang pertama kali siap adalah Kabupaten Wajo.

Dan dikatakan kalau tahun 2018 di Indonesia masih ada sekitar 57% yang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut, sedangkan di Sulawesi Selatan sendiri masih ada sekitar 70% bermasalah dengan gigi dan mulut.

“Kalau rasio anak-anak diatas 3 tahun dan orang dewasa yang menyikat giginya sudah mencapai 90% secara rutin, tapi ternyata hanya sekitar 2,3% saja yang menyikat giginya dengan benar,” kata Ketua PDGI Sulselbar.

Disinilah perlu peran aktif dari dokter gigi dan orangtua, bagaimana mengedukasi masyarakat untuk berperilaku sehat, karena masalah kesehatan gigi dan mulut ini secara ilmiah sudah dibahas dan masalah-masalah stunting juga dikaitkan dengan masalah kesehatan gigi dan mulut,” Ketua PDGI Sulselbar menambahkan.

Sambutan dari Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si, menyampaikan bahwa ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Wajo, karena Rakorwil PDGI untuk pertama kalinya ditempatkan di luar Makassar yaitu di Kabupaten Wajo. Beliau juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta di Bumi Lamaddukelleng.

“Dalam sektor kesehatan salah satu visi misi kami dengan menghadirkan kesehatan bagi masyarakat termasuk bagaimana masyarakat kita edukasi agar sejak dini bisa merawat kesehatan gigi dan mulut yang sangat vital bagi manusia,” kata Bupati Wajo.

“Kita bersyukur dengan kemajuan teknologi rekayasa terkait dengan gigi dan mulut, kami jajaran Pemerintah Kabupaten Wajo sampaikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih bisa ditempatkannya acara ini di Wajo dan sekaligus melaksanakan seminar dan rakorwil yang tentunya akan menghasilkan rekomendasi, gagasan serta ide ide, bagaimana menekan angka yang tinggi di atas 70% itu,” Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si menambahkan.

Dan dikatakan bahwa di Kabupaten Wajo dalam hal perilaku hidup sehat untuk merawat gigi dan mulut itu sangat sulit diterapkan untuk anak-anak. Apalagi kalau orang tuanya sudah cuek, anak-anak pasti tidak akan terbiasa dengan pola hidupnya. Untuk itu harus jadi perhatian dari kita semua. Lebih lanjut, dikatakan kalau hasil dari seminar ini tentu akan membawa hasil yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita harus berbenah untuk masalah kesehatan gigi dan mulut agar masyarakat kita bisa diedukasi dengan baik, dan tentu ada muatan-muatan lokal yang sifatnya praktis yang bisa menanamkan pengajaran yang baik kepada anak-anak kita,” ungkap Bupati Wajo.

“Apalagi di masa pertumbuhan Golden Age buat anak kita, cukup bagus untuk kita bentuk karakternya untuk merawat gigi dan mulut,” ujar Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si. diakhir sambutannya dan sekaligus membuka acara ini secara resmi.

 

Editor : Hasniar

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close