fbpx
Budaya dan SastraWajo

Masjid Tua Tosora, Masjid Raya Pertama di Wilayah Kerajaan Wajo

Masjid Tua Tosora merupakan Masjid Raya yang pertama kali dibangun di wilayah Kerajaan Wajo oleh Arung Matowa Wajo ke-XV dan XVII yakni La Pakallongi To Allinrungi yang lazim disebut To Ali, yang didirikan sekitar tahun 1621 Masehi atau 11 tahun setelah islam menjadi agama kerajaan di Wajo.

Arung Matowa Wajo yang pertama kali menerima agama Islam pada waktu itu adalah La Sangkuru Patau Mulajaji Sultan Abdurrahman Arung Matowa Wajo ke-XII dengan pemerintahan selama 3 tahun yakni 1607-1610 Masehi. Dua kalimat syahadat pun ia ucapkan dihadapan Abdul Khatib Sulaeman atau Datok Pattiman pada tanggal 16 Mei 1610 Masehi yang bertepatan dengan 15 syafar 1019 H.

Jika dilihat dari runtutan sejarahnya, dapat dikatakan bahwa bulan Syafar merupakan momentum keislaman di Wajo. Apalagi nanti, pada tanggal 14 Syafar akan ada peletakan batu pertama untuk revitalisasi Masjid Tua Tosora.

Adapun yang pertama mengungkap keberadaan Imam As’sayyid Jamaluddin Al-Akbar Al-Husain di Kabupaten Wajo ialah Dr. Abdurrahman Al-Ahmadi guru besar Sejarah Universitas Kebangsaan Malaysia.

Kemudian dikatakan oleh Jamaluddin Assagaf Puang Ramma, bahwa kedatangan Islam di Sulsel sebelum tiga Datok (Abdul Khatib Makmur Datok Ribandang, Abdul Khatib Sulaeman Datok Pattimang dan Abdul Khatib Jawahir Datok Ditiro) adalah Sayyid Jamaluddin Al-Akbar Al-Husain atau dikenal dengan nama Syech ta Tosora (Syech kita di Tosora).

Puang Ramma adalah Mursyid ke-12 Khalwatiyah Syekh Yusuf Al-Makassary. Dia langsung mendapatkan ijazah sebagai Mursyid dari gurunya, Syekh Abdul Malik Khalwatiyah Syekh Yusuf Al-Makassary.

Puang Ramma juga merupakan salah satu yang termasuk pendiri NU Sulawesi Selatan, bersama KH Muh. Ramli dan KH Saefuddin.

Semua Habib yang ada di Indonesia dan Malaysia pun menyebut bahwa Syech Jamaluddin Al-Akbar Al-Husain makamnya berada di Tosora Sulawesi Selatan.

Hal tersebut dijelaskan oleh Drs. Sudirman Sabang yang merupakan Kasi Sejarah dan Tradisi Disdikbud Kab. Wajo dalam acara Revitalisasi Masjid Tua Tosora yang berlangsung di ruang Sekretariat Yayasan Budaya Wajo (YBW) Jl. Masjid Raya No. 6 Sengkang pada hari Kamis, 10 Oktober 2019.

 

(Sumber : Humas Pemkab Wajo, dalam acara Ravitalisasi Masjid Tua Tosora)

Foto : cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close