fbpx
ArtikelPendidikan

Ketahui 5 Alasan Pasangan Anda Selingkuh.

Sedia payung sebelum hujan. Tentu kamu sering mendengar istilah tersebut kan? Pepatah tersebut bermaksud untuk memberikan perhatian kewaspadaan terhadap hal-hal buruk yang bisa saja menghampiri dalam hidupmu.

Termasuk dalam sebuah hubungan. Ada baiknya kamu selalu waspada dan hati-hati sebelum hal buruk terjadi. Jika selama ini kamu anggap perselingkuhan sebagai suatu hal yang harus pergi jauh-jauh dalam sebuah hubungan, maka kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai.

Sebelum hubunganmu renggang akibat diterjang badai perselingkuhan, ada baiknya kamu pahami dulu apa saja penyebab dari perselingkuhan itu sendiri. Nah, dirangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada 5 penyebab perselingkuhan yang jarang disadari.

1. Kurangnya komunikasi dalam hubungan

Komunikasi menjadi kunci dari keterbukaan sebuah hubungan. Jika komunikasi berjalan lancar, maka jarak dan waktu bukanlah menjadi persoalan untuk saling mencinta. Komunikasi juga menjadi kunci adanya perhatian dan kasih sayang dari pasangan.

Buruknya kualitas komunikasi akan membuat hubungan terasa hambar dan membosankan. Jika hubungan sudah mengalami kondisi seperti itu, maka celah untuk perselingkuhan akan sangat mungkin terjadi. Jadi, jika kamu menginginkan hubungan yang tetap harmonis dan romantis, sesibuk apapun hari-harimu, jangan lupa sempatkan berkomunikasi dengan pasanganmu.

2. Ada kesempatan untuk berselingkuh

Tentu kita masih ingat jargon yang dipopulerkan oleh Bang Napi. Jika kejahatan bukan hanya karena ada niat pelaku, tapi juga karena ada kesempatan. Pun dengan “kejahatan perselingkuhan”, hal itu bisa terjadi karena adanya kesempatan.

Hal ini sebagaimana hasil studi yang ditulis dalam buku berjudul A Marriage Counselor’s Secret to Making Your Marriage Sizzle, menurut hasil studi tersebut mengatakan jika banyaknya kasus perselingkuhan diakibatkan adanya kesempatan untuk melakukan hal itu. Bukan karena diniati dari awal.

Kesempatan perselingkuhan paling banyak ditemukan ialah saat hubungan mereka dilakukan dengan jarak jauh, sedangkan komunikasi keduanya sangat buruk. Dalam situasi seperti ini, biasanya seseorang akan mengalami kesepian, sehingga ia mudah tergoda untuk selingkuh, atau ia menemukan sosok baru yang bisa menemani hari-harinya karena dia selalu ada untuknya.

3. Kurangnya komitmen dalam sebuah hubungan

Ada yang mengatakan jika pacaran tidaklah perlu komitmen berlebihan, sebab statunya bukanlah hubungan resmi. Okeh, jika ditinjau dari hukum status, pacaran bukanlah sesuatu yang legal yang harus didasari dengan komitmen yang kokoh layaknya pernikahan.

Namun, jika dilihat dari persoalan hati dan kesetiaan terhadap pasangan untuk menuju hubungan yang lebih sah, maka komitmen dalam hubungan pacaran sangatlah dibutuhkan. Semakin kuat komitmen yang dibangun, maka semakin kokoh juga kesetiaan pasangan meskipun mendapat berbagai godaan dan kesempatan untuk berselingkuh. Jadi, sudahkah kamu melakukan komitmen bersama pasangamu?

4. Kondisi hubungan yang buruk

Selama ini, jika ada orang yang selingkuh tentu kita akan dengan cepat menyalahkan pelaku perselingkuhan, tanpa melihat dulu apa penyebab dia selingkuh. Adakalanya seseorang selingkuh karena memang kondisi hubungan yang ia jalani sangatlah buruk. Sehingga ia membutuhkan orang lain yang bisa membuatnya lebih nyaman.

Kondisi buruk yang dimaksud bisa saja hubungan yang ia jalani sangat kurang perhatian, selalu ribut dengan hal-hal kecil, atau tidak ada rasa saling menghormati dalam hubungan. Ingat, siapapun orangnya tidak akan pindah ke lain hati, jika hati yang ia kasihi selama ini memberikan kenyamanan dan kebahagiaan yang hakiki.

5. Tidak adanya konsekuensi tegas yang diberikan saat seseorang melakukan perselingkuhan

Jika pasanganmu melakukan perselingkuhan, kemudian kamu memaafkannya dan memberikan kesempatan yang kedua, ingat hal itu bukanlah tindakan yang benar. Sebab, memaafkan begitu saja tindakan perselingkuhan, itu artinya kamu merelakan dia anggap jika tindakan yang ia lakukan bukanlah sesuatu yang begitu menyakitkan bagimu.

Kamu harus lebih tegas jika pasanganmu kedapatan melakukan tindakan perselingkuhan. Sebab, hal ini merupakan bentuk penghianatan paling nyata dalam hubungan. Kalau bahasa frontalnya, jangan beri ampun pada pelaku perselingkuhan. Semakin kamu mudah memaafkan, maka semakin mudah ia melakukan kesalahan.

So, jadi itulah beberapa penyebab perselingkuhan yang jarang kita sadari. Yuk sama-sama katakan tidak pada perbuatan perselingkuhan!

sumber : inovasee

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close