fbpx
BeritaWajo

Gelar Seminar Nasional Pelayanan Publik, BEM FIA Uniprima Usung Tema KKN di Era Revolusi 4.0

Rabu, 27 November 2019, BEM Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Puangrimaggalatung Sengkang menggelar acara Seminar Nasional Pelayanan Publik 2019.

Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE. menghadiri sekaligus menjadi narasumber pada acara tersebut yang mengusung tema “Mewujudkan Pelayanan yang Bersih dari KKN di Era Revolusi 4.0” di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo.

Adapun narasumber lainnya adalah Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Kantor Ombudsman RI Perwakilan Prov. Sulsel dalam hal ini Dr. Aswiwin Sirua, SH., MM. Dalam acara tersebut, yang menjadi pesertanya adalah mahasiswa Universitas Puangrimaggalatung, mahasiswa di lingkup kopertis wilayah IX, ASN se Kab.Wajo, BUMN, serta BUMS yang bergerak di bidang pelayanan.

Dalam laporan dari Jumardillah selaku ketua panitia dalam acara tersebut mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan Seminar Pelayanan Publik ini adalah salah satu upaya untuk menyukseskan program kerja Kementerian Pendidikan dan Keilmuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Puangrimaggalatung.

“Meningkatkan kualitas pelayanan yang transparansi dan akuntabilitas. Mewujudkan pelayanan yang terbebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Mendorong minat mahasiswa untuk lebih mendalami basic ilmunya sebagai seorang calon sarjana administrasi public,” tutup Jumardillah.

Melalui momentum ini juga Presiden BEM Fakultas Ilmu Administrasi, Priangga Adipati berharap agar pelayanan publik disampaikan dengan benar, agar masyarakat Wajo lebih mengerti tentang pelayanan publik yang sejalan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Wajo tentang pelayanan publik.

Sejalan dengan hal tersebut, Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE. dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini telah terjadi perubahan paradigma pemerintahan yang sebelumnya pemerintah yang menjalankan fungsi tradisional sebagai penjaga keamanan, kini telah bergeser ke arah pemerintah modern yang mempunyai fungsi utama adalah pelayanan kepada masyarakat.

“Jadikanlah pemerintah sebagai tempat bersandar dan berteduh ketika masyarakat lelah dan tempat mengadu ketika masyarakat susah kita selaku pemerintah harus menjadi solusi bagi setiap permasalahan yang timbul itulah makna hakiki dari pemerintahan mengapa kami harus hadir,” ungkap H. Amran, SE.

Dalam penyelenggaraan pelayanan publik meliputi 6 unsur yaitu pelaksanaan pelayanan, pengelolaan pengaduan masyarakat, pengelolaan informasi, pengawasan internal, penyuluhan kepada masyarakat dan layanan konsultasi. Untuk mempermudah penyelenggaraan berbagai bentuk pelayanan publik, maka dilakukan penyelenggaraan sistem pelayanan terpadu satu pintu yang diistilahkan menjadi Mall pelayanan. Sehingga masyarakat dapat pulang dengan senyum yang lebar karena tidak perlu kemana-mana.

“Dikaitkan dengan revolusi industri 4.0 apa yang harus dilakukan, kami selaku Pemerintah Daerah dalam merencanakan dan melakukan berbagai langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang bersih, cepat dan murah,” jelas H. Amran, SE.

“Pertama kita akan mereformasi wadahnya dulu, kedua setelah wadahnya terbentuk maka akan kita isi perangkat daerah itu dengan aparatur sipil negara yang memiliki jiwa amanah berkompetensi dan berintegritas tinggi, ketiga kita akan melakukan transformasi pola kerja dan mindset aparatur sipil negara kita akan mengeluarkan mereka dari zona nyaman,” Wakil Bupati Wajo menambahkan.

Di akhir sambutannya, beliau mengatakan bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik diperlukan beberapa langkah, yaitu pertama dengan melakukan penghapusan persyaratan pelayanan yang tidak ada hubungannya dengan jenis pelayanan yang dikeluarkan. Kedua, menggabungkan pelayanan publik sehingga lebih mudah dan yang ketiga menyadarkan akan persyaratan pelayanan dan prosedurnya sehingga tidak berbelit-belit dan yang keempat adalah meningkatkan pelayanan publik ke bawah untuk mempercepat proses pelayanan.

 

Editor : Hasniar

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close