fbpx
Budaya dan SastraPendidikanWajo
Trending

Forum Pegiat Literasi Kabupaten Wajo, Galang Beberapa Dosen Dari Berbagai PT di Indonesia Terbitkan Buku.

Sejak proses pengumpulan artikel pada akhir September 2018 lalu, akhirnya akhir bulan ini, Januari 2019 artikel yang terkumpul padu dalam wujud buku. Artikel yang terkumpul ditulis oleh dosen-dosen dari latar belakang bidang ilmu dan perguruan tinggi yang berbeda yang ada di Indonesia. Tema-tema yang disuguhkan pun beragam dan menarik. Tema setiap artikel yang disepakati kali ini berfokus pada tips dan trik mengajar. Tips dan trik mengajar berkaitan dengan jenis pendekatan, teknik, strategi, metode, dan model mengajar yang diterapkan dalam proses pembelajaran sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Judul lengkap buku yang diterbitkan yakni MOTIVASI MENGAJAR PERSPEKTIF DOSEN: Pengembangan Profesionalisme dan Penguatan Tri Darma Perguruan Tinggi.
Adapun mereka yang hadir menulis dalam buku tersebut, di antaranya Agung Nugroho Catur Saputro (Universitas Sebelas Maret, Solo), Amie Primarni (IAIN Laa Roiba, Bogor), Anis Fauzi (UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten), Anne Maryani (Universitas Islam Bandung), Antasalam Ajo (Universitas Muhammadiyah Buton), Arisa (Universitas Puangrimaggalatung Sengkang), Asrianti Dja’wa (Universitas Haluoleo, Kendari), Dasapta Erwin Irawan (Institut Teknologi Bandung), Erie Hariyanto (IAIN Pamekasan, Madura), Kasnadi (STIE Yasmi, Cirebon), Lina Siti Nurwahidah (Institut Pendidikan Indonesia, Garut), Liza Marini (Universitas Sumatera Utara), Muhsyanur (Universitas Puangrimaggalatung, Sengkang), Nurhilmiyah (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara), dan Roinah (STAIN Bengkalis, Riau).

Hadir dalam buku itu pemberi pengantar ialah salah seorang Professor Bidang Ilmu Manajeman dari Institut STIAMI Jakarta, Prof. Dr. Ir. Wahyuddin Latunreng, M.B.A., yang sekaligus juga dikenal Pendiri Yayasan Nurmilad Boarding School atau tidak asing lagi bagi kita Objek Wisata Syariah Telaga Biru Lempong. Hal yang paling penting diterapkan seorang pengajar (dosen atau guru) dalam mengelolah pembelajaran ialah sistem kuliah digital (digital lecture). Mengingat era sekarang dikenal dengan era digital, yaitu dimana semua proses akan dikendalikan oleh digital. Oleh karena itu, sistem kuliah digital dapat diposisikan sebagai media, pendekatan, teknik, strategi, dan pemodelan dalam perkuliahan. Hal tersebut dapat memicu dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Dengan demikian, maka tentu dapat mengefektifkan proses pembelajaran, baik di dalam kelas maupun luar kelas (outing class). Esensi tujuan pembelajaran ialah untuk memperoleh pengalaman belajar bagi mahasiswa/siswa dan pengalaman mengajar bagi dosen/guru. Jelas Prof. Wahyudddin dalam pengantarnya pada halaman 4 dalam buku itu.

Hadir sebagai editor yakni Dr. Muhsyanur, M.Pd., atau yang sehari-harinya akrab disapa Pak Echa (Penggagas Forum Pegiat Literasi Kabupaten Wajo). Selain bertindak sebagai editor, ia pun juga ikut menulis memberikan ide kreatifnya.

Sementara buku itu diterbitkan oleh CV. Cendekia Global Mandiri, Sengkang bekerja sama dengan beberapa tim, di antaranya Forum Dosen Insipirator Indonesia, Komunitas Dosen Menulis, Yayasan Mata Pena-Jawa Barat, Komunitas Pegiat Literasi Kabupaten Wajo, dan Pustaka Rakyat Wajo Cendekia.

Berdasakan info yang diberikan Pak Muhsyanur melalui media whatsapp, buku tersebut akan dilaunching di masing-masing kampus/instansi penulis mengajar, sedangkan untuk area Sengkang, rencana pelaunchingannya akan disasarankan antara di Aula Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wajo atau di salah satu warkop yang ada di Sengkang. Adapun jadwal pelaunchingannya akan disampaikan di kemudian.

Para penulis pun berharap agar melalui forum kepenulisan, proses kreatif menulis ini tetap dilanjutkan untuk terus menghasilkan karya berkualitas dalam menambah cakrawala ilmu pengetahuan. Selain forum kepenulisan menjadi wadah silaturahmi, juga bisa dijadikan ruang saling memotivasi dan berbagi.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close