fbpx
PendidikanWajo

Desa Nepo, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Menuju Desa Literasi melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM)

Dosen dan mahasiswa FKIP Universitas Puangrimaggalatung Sengkang kembali melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat yang terkemas dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Kegiatan ini terlaksana atas dukungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Puangrimaggalatung bekerjasama dengan DRPM Ristekdikti untuk pelaksanaan tahun 2019.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Nepo sebagai mita yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan kemampuan serta soft skill dari pengurus taman baca di Desa Nepo sehingga menjadi Desa Literasi.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya (1) Program pelatihan bagi pengurus taman baca dan pustakawan desa (2) Program membaca bersama (3) program pelatihan softskill. Pelaksanaan berbagai kegiatan telah dilangsungkan sejak Mei 2019 yang berlokasi di Desa Nepo Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Tutut Muhlis, S.Pd.,M.Pd., sebagai ketua tim dalam pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat.

Kegiatan kali ini bertajuk
Program Pengembangan Taman Baca di Desa Nepo Menuju Desa Literasi. Puncak kegiatan dilangsungkan di Taman Baca Jendela Dunia Desa Nepo (9/9/2019) dengan menghadirkan dua narasumber, yaitu Sulhandi, S.I.P. (dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kab. Wajo) dan Dr. Muhsyanur, M.Pd. (Pegiat Literasi Kabupaten Wajo). Hadir pada acara acara tersebut, Drs. Ambo Upe Abbas, M.Si. (Ketua LPPM Uniprima), Dr. H. Muhammad Basir, M.Pd. (Dekan FKIP Uniprima), Dr. H. Muhammad Arafah, M.Pd. (Ketua LPPM Unit FKIP Uniprima), Arisa, S.Pd., M.Pd. (Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Uniprima), Muhammad Nasir, S.Pd., M.Pd. (Sekretaris LPPM Unit FKIP Uniprima), Ahmad Riadi, S.Pd., M.Pd. (Kepala Lab. Biologi FKIP Uniprima), Syamsu Alam, S.Pd. (Staf LPPM Uniprima), Nur Rahmi, S.Pd., M.Pd. dan Ahmad Gazhali, S.S., M.Pd. (Dosen FKIP Uniprima)

Kepala Desa Nepo, Bapak Ambo Enre Ontong, sangat merespon postitif dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh dosen FKIP Universitas Puangrimaggalatung. Hal tersebut dikarenakan Desa Nepo merupakan desa Libesite atau desa percontohan maka program pengabdian tersebut sangat mendukung dalam kegiatan program di desa Nepo.

Kepala Desa Mengharapkan dan siap untuk bekerjasama serta bersinergi dalam setiap kegiatan pengabdian masyarakat yang ditawarkan dari kampus Universitas Puangrimaggalatung.

Masyarakat Desa Nepo pun sangat menyambut baik kegiatan Program Kemitraan Masyarakat khususnya bagi pengurus taman baca Jendela Dunia di Desa Nepo.

Dengan adanya kegiatan tersebut pengurus dapat melaksanakan program kerja atas bantuan dari tim pengabdi dari kampus Universitas Puangrimaggalatung. Mereka berharap selalu berkerjasama untuk melaksanakan kegiatan demi kemajuan Desa Nepo khususnya Kabupaten Wajo. tutur Muhammad Zulkifli sebagai pengurus Taman Baca Jendela Dunia Desa Nepo.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close