fbpx
Olahraga

AM Fadly Raih Gelar Juara AP250 ARRC 2019

Pebalap Indonesia asal Kabupaten Wajo, Andy Muhammad Fadly, akhirnya memastikan diri keluar sebagai juara Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 kelas Asia Production (AP) 250cc.

Hal itu dipastikan usai AM Fadly berhasil finish keenam pada race ke-2 (final race) seri ketujuh ARRC yang berlangsung di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, Minggu (1/12/2019).

AM Fadly yang menggeber motor Manual Tech KYT Kawasaki Racing kembali tampil meyakinkan dengan melahap habis 10 lap. Meski sempat tercecer di posisi kedelapan diawal balapan, perlahan tapi pasti The Bugis Boy bisa kembali melaju di barisan terdepan usai Muklada dan rekan setimnya, Aiki Iyoshi mengalami crash di lap keempat.

Di lap keenam, AM Fadly yang menempati posisi kelima terus berusaha memperbaiki posisinya. Salip menyalip antar beberapa pebalap pun terjadi, diantaranya AM Fadly, Piyawat Patoomyos, Vorapon Malahuang, dan Lucky Hendriansya.

Saat balapan menyisakan dua lap, AM Fadly berhasil merebut posisi tiga besar, posisi tersebut bertahan hingga memasuki lap terakhir. Di lap terakhir The Bugis Boy akhirnya berhasil mengambil alih pimpinan balapan dari Rafid Topan dan Irfan Ardiansyah.

Rafid Topan yang tidak ingin menyerah begitu saja berusaha merebut kembali posisinya. Tapi naas bagi Topan, saat berusaha melakukan overtake di tikungan terakhir motornya mengalami lowside crash dan turut menyeret Irfan Ardiansyah ke luar lintasan.

Lolos dari insiden tersebut, AM Fadly terlihat mengkoreksi racing lainnya, hal itu membuat dirinya disalip beberapa pebalap lain, ia pun harus puas finish di urutan keenam.

Meski demikian, hasil tersebut sudah cukup mengantarkan AM Fadly meraih gelar juara. Total ia mengumpulkan 211 poin, unggul 16 poin dari Awhin Sanjaya yang mengumpulkan 195 poin di posisi kedua. Sementara, Irfan Ardiansyah yang mengalami crash di last lap gagal mendulang poin tambahan dan harus rela berada di posisi ketiga klasemen akhir dengan 187 poin.

Hasil ini juga sekaligus membuat tim AM Fadly, Manual Tech KYT Kawasaki Racing berhasil mengukir sejarah dengan memutus dominasi Astra Honda Racing Team yang menjadi juara dalam dua tahun terakhir. Pasalnya, sepanjang keikutsertaan Manual Tech KYT Kawasaki Racing Team di ARRC, hanya di kelas AP250 yang belum pernah merebut gelar juara dan akhirnya bisa didapatkan tahun ini.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close