fbpx
ArtikelPendidikan

7 Keutamaan Menikah Dengan Janda.

Ada 7 keutamaan menikah dengan janda. Namun kategori janda bagaimana yang dimaksudkan itu?

Bisa dilihat dalam Al Minhaj Syarh Shahih Muslim (18 : 93 – 94), terdapat ulama yang menjelaskan mengenai “armalah” yang ada di dalam hadits merupakan wanita dalam kategori yang tidak mempunyai suami, baik dalam kategori yang sudah melakukan pernikahan ata pun belum melakukan pernikahan. Ada ulama yang menjelaskan mengenai armalah merupakan wanita dalam kategori yang telah diceraikan oleh suaminya.

Ada yang mempunyai pendapat lain seperti halnya dari Ibnu Qutaibah bisa masuk dalam kategori armalah karena kondisi kemiskinan, sehingga tidak ada lagi sumber nafkah untuk mencukupi kehidupan sehari – hari karena sudah tidak mempunyai suami. Berarti bisa dikatakan masuk dalam kategori armalah ialah seseorang yang sumber nafkahnya sudah tidak ada lagi.

Dari pendapat yang disebutkan di atas, kategori janda disini yang mempunyai keutamaan untuk disantuni ialah seorang janda yang sudah ditinggal meninggal oleh suaminya. Bisa juga seorang janda yang sudah diceraikan dan juga mengalami kesulitan dalam rangka memenuhi nafkah untuk menghidupi keluarga. Namun apabila jandanya mempunyai harta yang berlimpah atau dalam kategori kaya, berarti tidak termasuk di dalamnya.

Keutamaan – keutamaan mengapa harus menikahi janda, penjelasannya sebagai berikut :

1. Menikahi Janda Yang Mempunyai Anak Yatim

Seorang anak yatim yang ditinggalkan oleh ayah karena meninggal dunia merupakan kategori yang wajib kita tolong. Berarti kewajiban pertama adalah menikahi ibunya yang janda terlebih dahulu agar bisa menggantikan kedudukan suami untuk menafkahi keluarga.

Hal ini dijelaskan dalam hadits yang dijelaskan oleh Sahl ibnu Sa’ad berdasarkan sabda dari Rasulullah :

“Kedudukanku dan orang yang menanggung anak yatim di surga bagaikan ini.” [Beliau merapatkan jari telunjuk dan jari tengahnya, namun beliau regangkan antara keduanya]. (HR. Bukhari no. 5304).

Foto : Canva

2. Menikahi Janda Karena Meneladani Rasulullah

Tentu anda sebagai umat muslim sudah tau mengenai riwayat dari seorang Rasulullah Saw sendiri, beliau juga memutuskan untuk menikah dengan seorang janda. Apabila pilihan seperti ini dinilai sebagai tindakan yang baik, maka Insya Allah menikahi seorang janda bagi umat seperti kita pun bisa dinilai sebagai suatu kebaikan.

 

3. Menikahi Janda Adalah Anugrah

Pilihan menikahi seorang janda bisa dikategorikan ke dalam tindakan yang akan membawa berkah dan juga anugerah bagi kita. Apalagi jika niatnya karena Allah untuk melindungi janda tersebut dari fitnah atau pun hal – hal buruk lainnya yang mungkin bisa terjadi.

Menurut penjelasan yang diutarakan oleh Abu Hurairah berdasarkan sabda Rasulullah Saw :

“Orang yang berusaha menghidupi para janda dan orang-orang miskin laksana orang yang berjuang di jalan Allah. Dia juga laksana orang yang berpuasa di siang hari dan menegakkan shalat di malam hari.” (HR. Bukhari no. 5353 dan Muslim no. 2982)

Foto : Canva

4. Menikahi Janda Akan Mendapat Pahala

Tindakan baik yang bisa mendatangkan pahala salah satunya ialah dengan menikahi janda. Yang terpenting adalah niat anda ingin melindungi dan menafkahinya karena Allah. Maka Allah akan memberikan pahalanya karena niat baik tersebut.

Hal ini juga dijelaskan dalam hadits berdasarkan sabda Rasulullah Saw, penjelasannya sebagai berikut :

“Kedudukanku dan orang yang menanggung anak yatim di surga bagaikan ini.” [Beliau merapatkan jari telunjuk dan jari tengahnya, namun beliau regangkan antara keduanya]. (HR. Bukhari no. 5304).

5. Menikahi Janda Tentunya Akan Lebih Berpengalaman

Tentu saja jika seseorang sudah dipanggil dengan sebutan janda, berarti dirinya sudah pernah menikah sehingga secara otomatis mempunyai pengalaman yang cukup dalam hal pernikahan dan juga rumah tangga. Banyak hal yang sudah ia lewati dan rasakan seperti halnya manis, asam dan pahitnya dalam membina rumah tangga.

Dengan proses dan jalan panjang yang sudah ia lewati sampai menjadi seorang janda, tentunya akan banyak memperoleh pelajaran dari pernikahan yang ia jalani sebelumnya. Selanjutnya ia akan bertindak lebih berhati-hati dan memikirkan segala sesuatu dengan baik dalam menghadapi masalah yang ada di dalam rumah tangga.

Selain itu, sebagai seorang janda pasti akan mempunyai pengalaman yang cukup memadai khususnya dalam hal mengurus anak, mengurus pekerjaan rumah dan juga yang paling penting adalah bagaimana cara menyenangkan hati seorang suami.

Foto : Canva

6. Menikahi Janda Akan Menambah Semangat

Apabila dalam suatu pernikahan yang dijalani sebelumnya gagal dan menjadikan seseorang menjadi janda, tentunya saat dihadapkan dengan pernikahan yang selanjutnya akan timbul semangat baru darinya.

7. Menikahi Janda Pastinya Lebih Dewasa

Dengan pengalaman yang sudah pernah dirasakan oleh seorang janda, pastinya ia sudah bisa berfikir dengan dewasa dan sangat berhati – hati dalam bertutur kata, bertindak serta memutuskan sesuatu hal yang berhubungan dengan rumah tangga.

Foto : Canva

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai keutamaan menikahi janda di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa dijadikan sebagai referensi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai keutamaan menikahi janda. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel saya ini.

sumber : dalamislam.com

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close