fbpx
Wajo

2.000 Jargas Baru Akan Dibangun di Kab.Wajo

Acara Kick Off pelaksanaan Pembangunan Jargas dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Wajo, Jumat (03/05/2019).

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE, Plt Kepala Bappeda Andi P. Rukka , PPK Program Strategis Jargas Kementerian ESDM, Pimpinan BUMN Sucofindo serta tim jargas sambungan Rumah.

Tim dari Kementerian ESDM RI beserta kontraktor yang memenangkan tender pembangunan Jargas 2.000 sambungan rumah di Sengkang (Sucofindo) sudah tiba dan diterima oleh Pemerintah Daerah di Aula Bappeda Kabupaten Wajo.

Nantinya pemasangan jaringan pipa gas ini akan tersebar di 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Tempe dan Tanasitolo. Ada hal yang berbeda dari pemasangan yang lalu,  bahwa pada pemasangan ini juga akan disertakan dengan pembagian kompor gas yang sudah terhubung dengan jaringan yang baru.

Pengerjaan akan dimulai bulan Mei 2019 dan rencananya akan berakhir pada 30 November 2019, dengan urutan pelaksanaan yang dimulai dari survey terlebih dahulu dimana akan melihat pelanggan dan jalur yang akan dilalui, dan selanjutnya ke tahap perencanaan yang di dalamnya ada kajian, Desain, Kalkulasi, Spesifikasi dan Prosedur.

Sebagai Tahap ketiga yaitu konstruksi yang akan menentukan jalur pipa serta regulatornya  dan sebagai tahap terakhir adalah pengetesan. Nantinya akan butuh pengertian dari masyarakat atas ketidaknyamanan yang akan ditimbulkan karna adanya penggalian lobang yang baru, dan akan dirapikan setelah proses pengetesan selesai.

Dalam arahan Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE menyampaikan bahwa Program jaringan gas sambungan rumah ( SR ), merupakan program strategis nasional tahun 2014 – 2019 sesuai dengan RPJMN Negara Republik Indonesia.

Pada tahun 2019 Kabupaten Wajo mendapat bantuan dalam program Jargas SR sebanyak 2.000 sambungan Rumah di Kabupaten Wajo, dan bagi Pemerintah Daerah ini merupakan program kedua yang dilakukan dengan menggunakan sumber dana APBN dan Kabupaten Wajo merupakan salah satu Daerah yang dilibatkan dalam Program Strategis Nasional.

Dengan adanya program strategis Nasional di Kabupaten Wajo dalam bidang jaringan gas sambungan rumah,  dapat menjadi momentum awal dalam kebangkitan pembangunan di bidang migas di Kabupaten Wajo.

“Harapan Kami agar kiranya Pemerintah Pusat baik ESDM, dapat membimbing dan membina kami dalam pengelolaan Gas Bumi, untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan devisa negara,” Wakil Bupati Wajo menutup arahannya.

 

Editor : Wahyu Ambo Tang

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close